QUICK JUMP: HOME CORAT-CORET MOTIVATION SELFPRENEURSHIP

Sunday, April 8, 2007

Rumah Senindra, The Art of Calligraphy

Siapa yang gak kenal Kaligrafi? Aku masih ingat, waktu kecil dulu suka sekali bermain dengan Rugos, huruf-huruf yang sudah tercetak rapi di bagian bawah sebuah plastik bening. Cukup dengan menggosoknya ke tempat yang kita inginkan, maka huruf-huruf tersebut sudah pindah tempat.

Bentuk huruf yang paling kusuka adalah yang berbentuk Kaligrafi. Bentuknya sangat artistik dan elegan, seperti bentuk tulisan abad pertengahan.

Seni Kaligrafi sudah ada sejak jaman dulu kala. Wikipedia mencatat bahwa kata Kaligrafi berasal dari 2 kata bahasa Yunani yang berarti Keindahan dan Menulis. Sehingga kalau diterjemahkan, Kaligrafi adalah Seni Menulis Indah.

Dalam perkembangannya, berbagai budaya di belahan bumi ini megadopsi Seni Kaligrafi untuk berbagai aplikasi. Salah satunya yang terkenal adalah Kaligrafi Islam. Sungguh menarik melihat perkembangan budaya Kaligrafi di dunia Islam, seperti yang tercatat di Wikipedia berikut ini :

Islamic calligraphy is an aspect of Islamic Art that has evolved alongside the religion of Islam and the Arabic language. Arabic/Persian calligraphy is associated with geometric Islamic art (arabesque) on the walls and ceilings of mosques as well as on the page. Contemporary artists in the Islamic world draw on the heritage of calligraphy to use calligraphic inscriptions or abstractions in their work.

Instead of recalling something related to the reality of the spoken word, calligraphy for Muslims is a visible expression of the highest art of all, the art of the spiritual world. Calligraphy has arguably become the most venerated form of Islamic art because it provides a link between the languages of the Muslims with the religion of Islam. The holy book of Islam, al-Qur'an, has played an important role in the development and evolution of the Arabic language, and by extension, calligraphy in the Arabic alphabet. Proverbs and complete passages from the Qur'an are still active sources for Islamic calligraphy.

Aku sendiri sudah sering melihat Kaligrafi Islam yang mengagumkan, tapi kali ini ada satu tempat yang menyajikan Kaligrafi Islam dalam versi yang berbeda. Achmad Syukur, melalui Rumah Senindra nya, menawarkan seni painting Acrylic pada media Canvas dan menghasilkan perpaduan Seni Kaligrafi dan Modern Art yang sempurna. Pameran demi pameran yang diikutinya membuat hasil karyanya makin matang. Simak saja beberapa contohnya disini.







































Si pelukisnya, Achmad Syukur menyebut aliran lukisannya sebagai Modern Calligraphy.
Ukuran yang tersedia pun bervariasi. Ada yang ukuran kecil : 80x80, 90x70. Ada pula yang ukuran sedang sampai besar : 110x290, 120x200, 160x90.

Penasaran? Hubungi aja sendiri di :

Rumah Senindra
BSD Junction Lt. 1 Blok D1 #8

Serpong, Tangerang 1523

Phone/Fax : 021-5316 2289

HP : 0816-701 496, 0888-862 6365, 021-927 7 27 64

email: rumahsenindra@yahoo.com