QUICK JUMP: HOME CORAT-CORET MOTIVATION SELFPRENEURSHIP

Tuesday, April 10, 2007

4. Berbagilah Dengan Orang Yang Tepat

Serial Resurrection - Gagal dan Bangkit Kembali

Jika anda termasuk orang yang extrovert, anda mungkin merasa perlu untuk menceritakan apa yang anda alami kepada orang lain. Masalahnya, seringkali kita tidak menyeleksi kepada siapa kita berbagi cerita. Apalagi jika orang tersebut kemudian membagikan lagi kisah anda ke orang-orang lain. Lalu dimana masalahnya?

1. Manusia cenderung mengkritik daripada membangun. Saya tidak menghakimi bahwa semua orang seperti itu. Saya hanya ingin mengatakan bahwa mereka yang anda ajak berbagi seringkali tidak menyadari bahwa anda sebenarnya hanya ingin didengarkan, itu saja. Namun lebih dari itu, mereka berbaik hati memberikan masukan-masukan yang celakanya seringkali berupa kritik yang sebenarnya sudah anda ketahui sendiri. Tidak berarti anda harus menjadi orang yang anti terhadap kritik. Tapi untuk seseorang yang sedang berduka, kritik menjadi lebih seperti tikaman-tikaman kecil. Apa buruknya? Emosi yang sudah anda bersihkan diisi kembali dengan penghakiman yang akan memperkuat lagi perasaan bahwa anda telah membuat segala sesuatunya berantakan. Apa untungnya selain hanya menambah rasa bersalah dan semangat kembali redup? Makin banyak orang yang anda ajak berbagi, makin menumpuk pula rasa bersalah tersebut dan makin sulit mengobarkan kembali semangat anda.

2. Anda tidak akan mengiklankan kekurangan sebuah produk kepada customer bukan? Semakin banyak orang yang mengetahui tentang kegagalan anda, apakah citra anda akan menjadi lebih baik? Apakah dengan makin banyaknya orang yang prihatin akan membuat persepsi orang terhadap anda menjadi lebih baik? Saya meragukan hal itu, karena ketika citra anda menjadi kurang baik, bukankah akan lebih sulit untuk kembali ke lingkungan sosial anda? Apakah itu tidak membuat semangat anda makin surut? Jika semangat sudah surut, bukankah peluang untuk survive makin kecil?

Lalu apakah berarti kita tidak boleh mengungkapkan uneg-uneg kita kepada seseorang? Boleh, tapi tidak berarti kemudian satu RT tahu semua mengenai kisah anda. Lagi-lagi, apa untungnya? Pilih seseorang yang secara pribadi dekat dengan anda dan bisa menjadi tempat untuk berbagi sekaligus mampu mendukung dan membangkitkan semangat. Bahkan lebih dari itu, orang ini diharapkan bisa menjadi ‘guru spiritual’, tempat untuk berkonsultasi, meminta second opinion dalam menentukan langkah-langkah anda.

Untuk itu penting sekali memilih dengan tepat kepada siapa anda harus berbagi. Mark Twain pun sepakat dengan mengatakan : “Keep away from people who try to belittle your ambitions. Small people always do that, but the really great make you feel that you, too, can become great.” Jauhilah mereka yang mencoba untuk mengecilkan ambisi anda. Orang-orang yang ‘kerdil’ selalu melakukannya, tapi orang-orang hebat akan membuat anda merasa bahwa anda juga bisa menjadi hebat seperti mereka.

Written by : Handoko