QUICK JUMP: HOME CORAT-CORET MOTIVATION SELFPRENEURSHIP

Tuesday, April 10, 2007

5. Peluang Ada Di Luar

Serial Resurrection - Gagal dan Bangkit Kembali

Kebalikan dari si extrovert, mungkin anda malah termasuk introvert. Ada rasa malu untuk bertemu dengan orang-orang karena takut mereka akan bertanya macam-macam dan mengetahui kegagalan anda. Tapi dengan mengurung diri di rumah dan terus berpikir juga tidak akan membawa perubahan apapun. Secara psikologi, kondisi visual sangat mempengaruhi kondisi pikiran. Oleh sebab itu kondisi visual yang hanya terkungkung didalam sebuah ruangan juga akan mempersempit kemampuan berpikir sehingga sulit menemukan ide-ide segar.

Menjaga jarak dan membatasi komunikasi dengan orang lain juga akan makin mempersempit peluang anda. Ketakutan kita seringkali hanyalah perasaan semu saja. Pada kenyataannya orang-orang yang anda temui sebenarnya juga tidak mengetahui apa yang terjadi pada diri anda, kecuali anda menemui sekelompok paranormal.

Oleh karena itu tetaplah bersosialisasi, bahkan saya menyarankan untuk menambah kegiatan anda. Tetaplah mengunjungi teman-teman anda. Justru mereka akan bertanya-tanya jika anda tiba-tiba menjauh. Ikutilah kegiatan sosial di lingkungan atau bergabunglah dengan organisasi yang anda rasa cocok. Semua ini perlu untuk membuka pikiran, menambah wawasan, memperluas networking dan menemukan peluang baru. Harus diakui, di kondisi yang makin kompetitif saat ini, peluang makin sulit ditemukan. Namun, peluang selalu ada dan peluang itu ada di luar sana di antara orang banyak. Anda tidak bisa bisa hanya duduk dan menunggu orang lain memberikan apa yang anda inginkan. Anda harus keluar dan menangkapnya sendiri. Ahli strategi perang Cina yang sangat terkenal, Sun Tzu mengatakan : "Opportunities multiply as they are seized." Terjemahan bebasnya adalah jika anda menangkap peluang dengan benar, maka dia akan menjadi seperti bola salju yang terus membesar.

Tinggikan ‘antene’ anda untuk meraih informasi-informasi yang ada disekeliling anda. Cobalah untuk lebih peka melihat apa yang ada disekitar anda, bahkan apa yang tidak ada disekitar anda. Tetaplah update dengan informasi / trend terbaru mengenai apa saja, dimana saja dan kapan saja, karena anda tidak akan pernah tau kapan peluang itu tiba-tiba muncul di depan anda.

Written by : Handoko