QUICK JUMP: HOME CORAT-CORET MOTIVATION SELFPRENEURSHIP

Tuesday, April 10, 2007

1. 24 Jam Detoksifikasi

Serial Resurrection - Gagal dan Bangkit Kembali

Sebagai langkah awal, saya akan memberi anda waktu sejenak untuk meratapi kegagalan yang anda hadapi. Jika mau menangis, menangislah. Jika mau menyesali, sesalilah. Keluarkan semua uneg-uneg dan ganjalan yang ada di hati anda. Luapkan semuanya, buang semua kekesalan, sakit hati, kekecewaan, dan semua emosi negatif yang ada di dalam diri anda. Proses ini ibarat detoksifikasi yang akan membuat langkah anda menjadi lebih ringan nantinya. Bayangkan anda saat ini sedang tenggelam makin dalam. Bagaimana anda bisa berenang mencapai ke permukaan jika anda tidak mau melepaskan tas ransel, jaket jeans, dan sepatu gunung anda? anda akan keburu kehabisan nafas sebelum sampai diatas. Lepaskan semuanya karena nyawa anda lebih penting.

Detoksifikasi ini penting untuk dilakukan namun saya hanya akan memberi anda waktu paling lama 24 jam. Setelah itu, stop. Kenapa? Karena jika terlalu lama dan berlarut-larut anda akan masuk ke dalam jebakan perasaan. Makin lama dirasakan, makin anda menikmatinya seakan anda lah aktor utama dari sebuah drama kehidupan seperti yang sering anda lihat di film-film. Anda mulai mereka-reka kisahnya ibarat sebuah skenario dan mulai berfantasi akan akhir ceritanya. Perasaan kecewa dan frustasi tetap ada, namun tanpa sadar anda mulai menikmati menjadi ‘aktor utama’ tadi. Anda sedang mimpi di siang bolong. Begitu terbangun, anda sudah berada di dasar laut dan peluang untuk selamat makin kecil.

Bagi Anda yang sudah melewati tahap ini, bagus. anda sudah siap melangkah. Namun, bagi anda yang masih berlarut-larut disini, bangunlah sekarang juga. Simpan oksigen anda karena di depan, anda masih akan membutuhkannya.

Written by : Handoko